Good Corporate Governance

bannerwbs

Pengantar


Penerapan prinsip dan praktik Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan kegiatan perusahaan telah menjadi kebutuhan sekaligus keharusan yang tidak dapat dielakkan dalam situasi dunia usaha dan persaingan ketat saat ini dan di masa yang akan datang.

Sehubungan dengan hal tersebut, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Kaltim Industrial Estate telah memutuskan perlunya Pedoman Penerapan dan Pelaksanaan prinsip dan praktik GCG di lingkungan PT Kaltim Industrial Estate yang selanjutnya disingkat dengan KIE, pada proses bisnis dan mekanisme pengelolaan perusahaan.

Pedoman GCG KIE ini disusun berdasarkan materi-materi yang berkaitan dengan praktik GCG dengan referensi utama, yaitu :
1. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
2. Anggaran Dasar Perseroan.
3. Pedoman Good Corporate Governance pada Komite Nasional Kebijakan Governance.

Pengertian corporate governance adalah suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ perusahaan untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya, berlandaskan peraturan perundangan dan nilai-nilai etika.

Sebagai wujud keseriusan setiap Insan Perusahaan, setiap karyawan dan management KIE telah menandatangani "Pakta Integritas".

Laporan Perusahaan

1Laporan Tahun 2015
2Laporan Tahun 2016
3Laporan Tahun 2017

Pakta Integritas PT Kaltim Industrial Estate

  1. Menggunakan segala potensi yang saya miliki untuk turut mempercepat perwujudan pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan yang Bersih Transparan Profesional dalam rangka berpartisipasi memperbaiki masa depan kehidupan bangsa.
  2. Melaksanakan dengan sungguh-sungguh Pakta Integritas PT Kaltim Industrial Estate yang meliputi Good Corporate Governance (GCG), Pedoman Perilaku/ Kode Etik dan Prisnsip Usaha yang Sehat serta penerapan sistem reward and punishment yang proporsional.
  3. Memegang teguh Prinsip Dasar Integritas Perusahaan yaitu bertindak jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab, disiplin, menghindari konflik kepentingan, dan tidak mentolerir suap.
  4. Telah sepenuhnya mengerti dan memahami Kode Etik Perusahaan dan bersedia melaksanakannya dengan sepenuh hati.
  5. Sebagai wujud komitmen untuk menegakkan integritas dan Kode Etik PT Kaltim Industrial Estate, saya bersedia menerima sanksi dan bersedia diproses sesuai hukum yang berlaku apabila saya terbukti melakukan tindakan tidak jujur, benturan kepentingan, mencuri, korupsi, menerima suap, dan gratifikasi yang tidak diperbolehkan.
Kebijakan serta pedoman penerapan GCG KIE dapat dilihat dan di download melalui link di bawah ini :
SK Direksi Tentang Penerapan GCG
Sebagai bukti komitmen PT. Kaltim Industrial Estate dalam menerapkan Good Corporate Governance adalah dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direksi Nomor : 01/SKD/DIR/I-2015 Tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) pada tanggal 21 Januari 2015.
Pedoman GCG/ Tata Kelola Perusahaan
PT. Kaltim Industrial Estate merupakan Perusahaan berbadan hukum yang berkomitmen untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dan telah memiliki panduan penerapan GCG di lingkup PT. Kaltim Industrial Estate.
Kode Etik Perusahaan (Code Of Conduct)
PT. Kaltim Industrial Estate merupakan Perusahaan berbadan hukum yang berkomitmen untuk menerapkan Good Corporate Governance dan telah memiliki Kode Etik Perusahaan yang menjadi panduan bagi Komisaris, Direksi dan Karyawan dalam bersikap serta berperilaku sesuai dengan tatanan dan nilai Perusahaan.
Board Manual
PT. Kaltim Industrial Estate merupakan Perusahaan berbadan hukum yang berkomitmen untuk menerapkan Good Corporate Governance dan telah memiliki Board Mnual yang menjadi panduan bagi Komisaris, Direksi dan Karyawan dalam bersikap serta berperilaku sesuai dengan tatanan dan nilai Perusahaan.