Skip to content Skip to footer

Sejarah Singkat

PT Kaltim Industrial Estate merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Kalimantan Timur dengan kepemilikan saham sebesar 99,99 % dan 0,01 % lainnya milik Yayasan Kesejahteraan Hari Tua (YKHT) PKT.  PT Kaltim Industrial Estate adalah
Perseroan Terbatas, suatu badan hukum Indonesia yang berdomisili di Bontang dan didirikan pada tanggal 29 Agustus 1990 berdasarkan Akta Notaris No. 25,
tanggal 29 Agustus 1990 oleh Notaris Hj. Ny. Ayu Woelan Hartono S.H., Notaris di Jakarta yang kemudian diubah dengan Akta No. 4, tanggal 11 Juni 1991 oleh notaris yang sama. Anggaran dasar Perseroan telah mendapat pengesahan dari Kementrian Kehakiman
Republik Indonesia No. C2- 2800.HT.01.01 TH.91, tanggal 8 Juli 1991 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 20, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 1031, tanggal 10 Maret 1992. Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami
beberapa kali perubahan dan perubahan terakhir mengenai maksud dan tujuan serta kegiatan usaha berdasarkan akta notaris Mahendra Adinegara S.H., notaris di Jakarta, No. 66 tanggal 28 Agustus 2020 yang telah mendapatkan Persetujuan Perubahan
Anggaran Dasar dari Kementerian Hukum Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan surat keputusan No. AHU.0062582.AH.01.02. Tahun 2020.

Awalnya PT Kaltim Industrial Estate memulai bisnis dengan menyediakan dan mengelola lahan kawasan industri bagi perusahaan berbasis gas bumi di Kawasan Bontang dengan total lahan kelolaan seluas 214,08 Ha yang terdiri dari Kawasan Tursina 137,66 Ha, Kawasan Tanjung Harapan 48,67 Ha dan Kawasan Equator 27,75 Ha. Seiring dengan tuntutan perkembangan dunia bisnis, KIE berkembang dan tumbuh tidak hanya menyediakan dan mengelola kawasan industri, KIE telah bertransformasi menjadi perusahaan multilevel yang berbasis 5 (lima) pilar bisnis yaitu Kawasan Industri, Konstruksi, Property, Beton dan Trading.

Kegiatan Usaha

Deskripsi

5 Pilar Bisnis

PT Kaltim Industrial Estate merupakan perusahaan jasa dengan 5 kegiatan usaha yang dijalankan, yaitu Kawasan Industri, Properti, Trading, Beton, Konstruksi.

  • Kawasan Industri
    Bisnis Kawasan Industri KIE mencakup penyediaan lahan untuk industri skala besar yang memiliki layanan pendukung antara lain perizinan, pembangunan, pengelolaan dan pemeliharaan serta terletak di lokasi strategis dengan pelabuhan yang dilalui jalur Internasional, didukung fasilitas yang sangat lengkap.
  • Properti
    Bisnis properti KIE meliputi penyediaan perumahan,
    perkantoran dan kavling siap bangun. KIE memiliki
    pengalaman sebagai pengembang perumahan seperti Perumahan Bukit Sekatup Damai di Bontang sejumlah ± 1.100 unit dan Perumahan Griya Temputu Bontang sejumlah ± 250 unit, yang dilengkapi dengan fasilitas peribadahan, olahraga, rekreasi serta kemudahan akses layanan kesehatan dan pusat pertokoan. KIE juga menyewakan gedung perkantoran yang berada di Bontang bernama Wisma KIE seluas 6.100 m2 dan Plaza Pupuk Kaltim di Jakarta dengan luas 5.189 m2 yang dilengkapi fasilitas perkantoran modern.
  • Trading Perdagangan dan Jasa meliputi penyediaan semen, pasir, batu pecah, material konstruksi, peralatan mechanical electrical.
  • Beton Menyediakan produk- roduk beton dan turunannya seperti precast, mini pile, dan CRM dengan mengandalkan kualitas dan waktu sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Konstruksi KIE melayani pembuatan dan pelaksanaan rancang bangun baik sipil, mechanical dan electrical. Pengalaman pekerjaan ini antara lain pembangunan gudang, pekerjaan pengerukan alur laut, pembangunan BSL, pembangunan infrastruktur Pemerintah seperti sekolah dan jalan, penyiapan lahan industri dan jalan tol serta pekerjaan sipil lainnya.

Visi Misi

Visi

Perusahaan

Menjadi perusahaan yang sehat dan stabil secara keuangan, melalui peningkatan efisiensi dengan mengoptimalkan sinergi bisnis, dan tumbuh secara berkelanjutan melalui perluasan pasar.

Misi

Perusahaan
  1. Mewujudkan kawasan industri modern yang inovatif berwawasan lingkungan.
  2. Manfaatkan secara optimal kompetensi dan jaringan bisnis yang ada dalam portofolio untuk kepuasan konsumen dan pengembangan bisnis.
  3. Mengutamakan nilai-nilai profesionalisme dalam pengelolaan bisnis.
  4. Mengembangkan bisnis untuk peningkatan corporate value atas portofolio bisnis dengan tetap berprinsip pada sustainable development.
  5. Melakukan semua kegiatan operasi perusahaan yang berorientasi pada kaidah manajemen modern dan operational excellence.
  6. Meningkatkan nilai tambah yang optimal serta berkelanjutan bagi shareholder & stakeholder.

Budaya Perusahaan

  1. Unggul karena ketersediaan fasilitas dan network. KIE selalu berusaha menyediakan fasilitas dan produk terbaik bagi seluruh pelanggan sehingga dapat menciptakan jaringan bisnis yang kuat dan dapat dipercaya.
  2. Kesatuan untuk bersama mencapai tujuan. KIE percaya bahwa untuk maju dan berkembang haruslah memiliki rasa kebersamaan tim kerja untuk mencapai tujuan perusahaan.
  3. Kuat menghadapi segala tantangan. Pantang menyerah dan selalu tangguh menghadapi persaingan global menjadikan KIE sebagai salah satu perusahaan terkemuka di wilayah timur Indonesia.
  4. Berwawasan lingkungan. Dalam menjalankan aktivitas bisnis KIE senantiasa berkomitmen untuk melindungi dan menjaga lingkungan sekitar perusahaan.

Dewan Komisaris & Direksi

Dewan Komisaris

Ahmad Mardiani

Komisaris Utama

Setyorini Tri Hutami

Komisaris

Direksi

Minarni Fitriani Dwiningsih

Direktur Utama

Achmad Rois

Direktur Operasional & Bisnis

Dianti Citra Agustin

Direktur Keuangan